PERBEDAAN ANTARA: Compressor/Limiter/De-Esser

naratigig.blogspot.com
Compressor, Limiter, dan De'Esser adalah sebuah prosesor yang bekerja pada bidang dinamika sebuah sinyal. Yang menarik disini adalah semua itu adalah / merupakan jenis Kompresor, hanya saja terdapat beberapa perbedaan dari segi fungsi dan kegunaannya, namun sejatinya semuanya adalah kompresor.

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat perbedaan antara ketiga jenis kompresor tersebut menurut pengetahuan saya yang serba terbatas ini, berikut penjelasan nya.

De-Esser.
Seperti dijelaskan diatas, pada dasarnya ketiga hal tersebut merupakan jenis dari kompresor. Hanya saja, pada De'Esser sinyal yang dikompres hanyalah pada frekuensi yang sangat tinggi, terutama pada vokal. Gunanya untuk mengatasi sibilance* pada konsonan 'S', 'C', 'T', dan sejenisnya. De'Esser hanya digunakan atau di-insert untuk chanel vokal, dan bukan pada chanel hi-hat, cymbal, atau yang lainnya.

Limiter.
Limiter adalah / merupakan jenis kompresor yang di-set dengan rasio yang tak terhingga, sehingga begitu sinyal mencapai titik Threshold*, sinyal tersebut akan ditahan seluruhnya oleh kompresor ini. Disinalah peran Attack* memberi pengaruh, mengenai seberapa cepat kompresor itu bekerja.

Compressor.
Sedangkan Compressor, merupakan jenis kompresor yang bisa bekerja dengan sangat fleksibel, dan bisa digunakan untuk chanel apa saja, baik itu digunakan pada vokal atau pun pada instrument. Gunanya adalah untuk 'mengecilkan' sinyal yang terlalu kuat, dan 'memperkuat' sinyal yang terlalu lemah. Sehingga sinyal tersebut dapat / akan terdengar dengan bidang dinamika yang 'wajar'.

*Catatan :
  • Sibilance : suara desis yang berlebihan, seperti pada suara yang dibunyikan dengan bunyi 's', ''sh', 'c', dan sebagainya.
  • Threshold : adalah titik dimana kompresor mulai bekerja.
  • Attack : adalah seberapa cepat kompresor bereaksi ketika sebuah sinyal sudah mencapai threshold.

Mungkin itulah beberapa perbedaan mengenai ketiga jenis kompresor tersebut, yang dapat saya jelaskan secara sangat singkat, terbatas, dan seadanya ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.


Wassalam.

Comments

  1. Saya PINROSA Mengucapkan TRIMAKASIH sekali dengan artikel yg ada tentang COMPRESSOR TRESOLD LIMITER ATTACK karena dengan nya saya merasa sekolah lagi dimana usia saya sudah 60 th . Begitu juga semoga menambah wawasan pada orang yg belum tau ,jangan bosan ya gaes selalu mberikan artikel 2 yg baik walau terkadang ada yg mencela. Wassalam mualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Om..
      Terima kasih juga sudah berkunjung dan komen di blog ini.
      Wa'alaikumussalam 🙏

      Delete
  2. Assalamualaikum gaes Anna mo nanya ? Jika audio COMPRESSOR yg dijual di online itu ada yg mono rakitan murah kisaran 75 rb sampai 150 rb klo di pasang pada ampli toa masjid kira kira suara tersebut akan lebih baik nggak ya. ? Dengan conection ke ampli toa Line out to COMPRESSOR baru ke Line in toa ,,,,,,,,,makasih gais bila ada yg membantu jawaban agar beberapa masjid bisa saya kondisikan lebih baik lagi saound nya. Terima kasih dari saya PINROSA TANGERANG WASSALAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam...
      Aduh mohon maaf Om, kalo mengenai compressor yang disebutkan diatas saya gak bisa kasih jawaban soal bagus atau tidak nya, soalnya saya sendiri belum pernah mencobanya..

      Mungkin bila ada pengunjung blog ini yang kebetulan baca artikel dan komen ini yang memiliki pengalaman menggunakan compressor tersebut, bisa di share disini..agar bisa membantu menjawab pertanyaan dari Om PINROSA TANGGERANG BANTEN

      Terima kasih 🙏

      Delete

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini, mari kita berdiskusi sambil ngobrol2 tentang artikel diatas.
Namun saya mohon bagi anda yang ingin berkomentar :
- Gunakanlah bahasa yang Baik dan Sopan
- Hindari segala macam Perdebatan (ngajak debat gak bakalan diladeni)
- Tolong ya Jangan Berjualan disini (karena disini bukan "Pasar")
- Jangan Menautkan & Menyembunyikan Link aktif dalam Teks komentar
- Don't SPAM please

"Komentar yang kira2 gak sesuai akan saya Hapus"

Thank's

Popular posts from this blog

OPEN TUNING DAN DROP TUNING PADA GITAR

Diagram Chord Gitar Lengkap